document-lisence

seluruh dokumen di 'Jagad-TI' ini, dapat digunakan, dimodifikasi, dan disebarluaskan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan tetap menyertakan sumber-nya.


Selasa, 21 April 2009

Browse Chrome

Google Rilis Browse-Chrome

PERUSAHAAN internet terbesar dunia -- Google-Inc. mempertajam persaingan dengan produsen software terbesar dunia Microsoft-Corp. Google merilis browser bernama Chrome untuk menantang browser populer produksi Microsoft, yaitu Internet-Explorer.
Chrome dapat di-download gratis di http://www.google.com/chrome. Google mengungkapkan, bahwa Chrome adalah browser yang dirancang tidak hanya untuk menangani teks dan grafis, tetapi juga program-program komputasi kompleks.

Dengan Chrome, pengguna computer bisa menjalankan banyak aplikasi yang sebelumnya hanya bisa berjalan setelah aplikasi itu di-install ke komputer. Google menyatakan, aplikasi berbasis web, seperti yang telah dijalankan oleh Chrome, pada suatu saat akan menggantikan aplikasi-aplikasi desktop, yaitu aplikasi yang harus di-install dulu untuk berjalan.

Google meyakini, setiap aplikasi yang sebelumnya hanya dapat berjalan setelah di-install di komputer pada akhirnya akan dapat dijalankan dengan web-browser seperti Chrome. Dengan aplikasi berbasis web, pengguna computer bisa mengakses aplikasi dan data di mana saja karena aplikasi dan data itu berada di internet.

“Para pengguna internet mendambakan browser yang ringan dan cepat untuk menjalankan aplikasi. Kelak, kita tidak perlu lagi meng-install aplikasi di komputer", kata seorang pendiri Google, Sergey-Brin.

Analisis Sterling Market Intelligence Greg Sterling menilai, peluncuran Chrome oleh Google akan memicu perang browser seperti yang terjadi pada akhir 1990-an. Pada saat itu Microsoft berhasil menumbangkan dominasi pionir web Netscape-Communications.

Pada saat ini, browser yang paling populer adalah Internet-Explorer, Firefox dari Mozilla, dan Safari dari Apple-Inc. Firma riset Net-Applications memperkirakan, Internet-Explorer saat ini digunakan 74 % pengguna komputer di dunia. Pada saat yang sama, Firefox digunakan 18 % pengguna komputer. (AP/AFP/Rtr/ahmad fauzi)

____________________________________________________________________
(sumber: koran~Seputar-Indonesia--Kamis, 04 September 2008--hlm.33 diketik-ulang pada hari; Jum'at, 05 Sept. '08--oleh; Vai ed.JK)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar